Sabtu, 06 Desember 2014

YO... MENYAMBANGI MOTOR INDIAN, MADE IN USA!!!

Salah satu Logo Indian Motorcycle
Indian adalah nama merk sepedamotor ternama dari Amerika yang aslinya diproduksi dari 1901 s/d 1953 di Springfield, Massachussets, USA. Awalnya produsen sepeda motor ini bernama Heende Mfg. Co. lalu pada 1928 berganti nama menjadi The Indian Motorcycle Mfg. Co.


Indian Scout 600 CC 1920.
Pada 1911 untuk pertama kalinya tim dari pabrikan The Indian berhasil menguasai 3 tempat sekaligus dalam balapan Isle of Man Tourist Trophy. Sepanjang 1910 The Indian juga sempat menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia. Model-model The Indian yang terpopuler adalah Scout yang diproduksi dari 1920 s/d 1946 dan Chief yang diproduksi dari 1922 s/d 1953.
Indian Chief Blak Hawk 800CC 1950.
The Indian Motorcycle Mfg. Co. mengalami bangkrut pada 1953. Pada tahun-tahun berikutnya berbagai perusahaan telah berusaha untuk mencoba menyelamatkan merk Indian ini, meski dengan kesuksesan yang terbatas. Pada 2011 The Indian Motorcycle dibeli oleh perusahaan Polaris Industries dan memindahkan semua kegiatan operationalnya dari North Carolina untuk dilebur kedalam semua fasilitas yang ada yang mereka miliki di Minnesota dan Iowa. Sejak Agustus 2013, polaris telah mengeluarkan dan memasarkan 3 model sepeda motor modern Indian dengan tetap merefleksikan gaya tradisional Indian.
Tongkrongan MANTAB dari Indian Chieftain 2012
Sepeda Motor Produk Indian Saat Ini:
Pada 3 Agustus 2013, Polaris telah memperkenalkan 3 model paling gres sepeda motor Indian bergaya tradisional dengan mesin Thunder Stroke 111. Mesin ini berdesain tripple cam dengan penggerak rangkaian roda gigi yang memutar cam tengah, depan dan belakang, sehingga membuat pushrod bergerak paralel yang menghasilkan tampilan mirip dengan desain lawas Indian. Pendingin udara berbentuk sirip-sirip lebar tradisional serta terdapat sebuah box udara pada kerangka aluminium cor. Semua Indian ini menggunakan desain rangka Aluminium, meskipun wheel base dan ujung rake depan  berbeda, tergantung modelnya. Terintegrasi juga disini transmisi roda gigi.

3 model paling gres Indian adalah:

1. Indian Chief (Classic, Vintage dan Chieftain)
Penampakan MANTAB. Berturut-turut adalah: Indian Chief Classic, Indian Chief Vintage & Indian Chieftain.

2. Indian Scout
Tongkrongan MACHO, Indian Scout 2014

3. Indian Roadmaster
Tongkrongan MANTAB, Indian Roadmaster 2014
Source: Wikipedia & others.


Good Luck & Peace!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar